Ultrakaiser

Sebuah Blog Sederhana

Where There Is A Will, There Is A Way

Kalo diliat dari judulnya, mungkin ada yang mengira isi postingan ini bakal berbahasa Inggris. Tapi sebenarnya enggak kok,  pake bahasa Indonesia. Mau tau kenapa saya menulis tulisan ini? Klik judul postingan saya ini.

Jika diterjemahkan, arti judul postingan saya ini menjadi "Dimana Ada Kemauan, Disitu Ada Jalan". Namun, sebenarnya walaupun kita tau terjemahannya, mungkin kita tidak benar-benar paham maksud dari kalimat tersebut.
Dalam meneliti kalimat ini (kalimat kayak gini aja diteliti), muncul setidaknya 2 pertanyaan yang mengambang di pikiran saya, yaitu:

1. "Kemauan" yang dimaksud di sini kemauan yang seperti apa?
2. "Jalan" yang seperti apa yang dimaksud kalimat ini?

Saya tentu akan berusaha menjawab pertanyaan ini:

1. "Kemauan" yang dimaksud di sini kemauan yang seperti apa?
"Kemauan" yang dimaksud disini adalah kemauan yang kuat, hingga menuju suatu "Tindakan". Saya beri contoh, seorang siswa ingin menjadi pintar, namun Ia hanya ingin saja, tidak sampai kepada Tindakan yaitu belajar agar menjadi pintar. Nah, jika Ia memang benar-benar ingin atau mau, tentulah dia akan melakukan Tindakan yaitu belajar agar menjadi pintar, namun tidak sampai situ saja, tentulah Ia harus benar-benar belajar, tidak malas-malasan, sesulit apapun materi pelajaran tersebut dia tetap berusaha memahaminya. Saat kapanpun Ia belajar, entah setelah pulang sekolah atau subuh hari saat Ia baru terbangun dari tidurnya.

Sehingga muncullah pertanyaan kedua

2. "Jalan" yang seperti apa yang dimaksud kalimat ini?
"Jalan" yang dimaksud disini adalah suatu bentuk kemudahan ketika seseorang melakukan Tindakan. Melanjutkan contoh di atas, Saat siswa itu benar-benar belajar agar Ia menjadi pintar, dia akan mendapatkan kemudahan, dia akan lebih mudah memahami materi suatu pelajaran, karena dia memang memiliki niat untuk memahami materi tersebut. Jika belum percaya, coba saja dan buktikan.


Sebenarnya tulisan ini saya tujukan kepada diri saya sendiri dan kepada siapapun yang mencari motivasi untuk melakukan sesuatu. Itu saja, dan Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Apa yang kita lihat tidak selalu sama dengan yang sebenarnya
Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Pengikut

Statistik